Jumat, 28 Februari 2014

Pergaulan Remaja Islami



Remaja adalah anak yang berada pada masa peralihan dari masa anak-anak menuju Usia Dewasa. Pada masa ini remaja mulai mencari identitas diri melalui pergaulan dengan teman-temannya, dan pergaulan remaja sangat menentukan kehidupannya dimasa datang. Pergaulan di ibaratkan dua sisi mata uang, kadang baik dan kadang buruk,masa remaja adalah masa perubahan. Jika sang Remaja bergaul dengan teman yg baik, akan membawa kebaikan pada dirinya, sebaliknya jika bergaul dengan teman yg buruk akan bisa membawa dampak yg buruk bagi remaja itu sendiri. Oleh karena itu faktor bimbingan bimbingan orang tua sangat diperlukan pada masa remaja ini.



Diantara problem remaja yg paling menonjol adalah dorongan seks yang mulai terasa pada masa remaja ini. Kadang ada yg ingin mengikuti dorongan itu, ingin mencari sasaran dengan lawan jenis,tapi takut melakukanya karena merupakan larangan Agama . Perasaan ini juga yg dapat menggoncangkan jiwa remaja yg kadang membawa jauh dari agama. Remaja akan berusaha dengan keras untuk mempertahankan harga dirinya, seorang remaja akan melawan segala dorongan yang bertentangan dengan nilai moral dan agama yg dianutnya, akan tetapi kadang juga mereka lemah dan dapat dikalahkan oleh bujukan dari luar.Oleh sebab itu benteng yang sangat penting ditanamkan sejak masa kanak-kanak adalah keimanan. Usaha Untuk menyelamatkan remaja diperlukan ketekunan menjalankan agama dan menjauhi perbuatan yang menjurus pada kemaksiatan dan pelanggaqan susila. Ketekunan menjalankan agama itu dapat dicapai dengan jalan latihan terus menerus sejak usia dini dan menghindarkan diri dari godaan syetan yg merusak moral Remaja

Dalil-Dalil Tentang Pergaulan Remaja

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
( QS . Al Hujarat ; 13)
Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah ( kejahatan itu ) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antara kamu dan dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.
( QS. Fushshilat ; 34)
Tidaklah boleh bagi seorang muslim menjauhi saudaranya lebih dari tiga malam, ketika keduanya bertemu yang satu menoleh kesini dan yang lain menoleh kesana, dan yang terbaik bagi keduanya adalah yang memulai mengucapkan salam.
( HR . Abu Dawud )
Perumpamaan kaum muslimin dalam kecintaan, kasih sayang dan saling simpati mereka adalah seperti tubuh yang satu, jika salah satu anggota tubuhnya sakit maka seluruh tubuh akan turut mesa sakit dan demam.
( HR. Muslim)

Ikhtilath adalah berkumpulnya laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim sehingga menimbulkan prasangka buruk. Atau ,Berkumpulnya laki-laki dan perempuan bukan muhrim di suatu tempat yang memungkinkan mereka melakukan interaksi, baik dengan pandangan, isyarat, ucapan, atau badan tanpa adanya penghalang.
Wanita muhrim itu adalah:
– 1. Muhrim Karena keturunan.
Ibu, anak perempuan, Saudara perempuan ayah, Saudara perempuan ibu, anak perempuan Saudara laki-laki, anak perempuan saudara perempuan.
– 2. Muhrim karena perkawinan.
isteri-isteri ayah, isteri-isteri anak laki-laki, ibu dari isteri, anak perempuan isteri ( anak tiri ) jika sudah bercampur dengan ibunya.
– 3. Muhrim karena persusuan.
ibu yang menyusui, saudara perempuan sesusuan, saudara perempuan bapak sesusuan, anak perempuan saudara perempuan sesusuan, anak perempuan saudara laki-laki sesuan, anak perempuan sesuan.





http://islamituindaah.wordpress.com/2012/05/18/pergaulan-remaja-islami/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar